Skip to main content

Dosen dan Mahasiswa ITK Avicenna Tetap Berprestasi Di Masa Pandemi

Tahun 2021 adalah tahun yang sangat membanggakan bagi Institut Teknologi dan Kesehatan Avicenna (ITKA), dimana tahun ini beberapa kompetisi yang diadakan oleh Dirjen Kementerian pendidikan dan kebudayaan Riset dan Teknologi RI (Kemendikbud Ristek) di loloskan oleh mahasiswa dan dosen ITKA.

Diantaranya kompetisi pertama, 3 (tiga) tim lolos menerima pendanaan pada Program Kreativitas Mahasiswa Riset Eksakta (PKM-RE) di Ketuai oleh Nugraha Dwi Akhir dari Prodi Farmasi, Eka Atika Shafriani dari Prodi S1 Gizi, dan Fadila dari Prodi Farmasi, dengan dana riset Rp. 25.000.000 dan urutan ke 6 terbesar dari 26 PTS yang lolos PKM untuk LLDIKTI wilayah 9.

Kompetisi kedua, 2 (dua) tim lolos menerima pendanaan pada Program Wira Desa (PWD) di Ketuai oleh Dedeng Rasmin Narti A dari Prodi Kesehatan Masyarakat dan Leski Ramadhan dari Prodi Farmasi, dengan dana Rp. 52.500.000 dan urutan pertama terbanyak meloloskan PWD untuk PTN/PTS se Sulawesi Tenggara, serta termasuk 9 besar terbanyak meloloskan PWD dari 81 PTN/PTS se Indonesia.

Kompetisi ketiga, Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres), yaitu 1 (satu) orang mahasiswa dari Prodi Keperawatan (Hernita Tayeb) dan mahasiswa dari Prodi Kebidanan (Esse Tendry Nelli), lolos pada tahap seleksi administrasi oleh tim verifikator Pusat Prestasi Nasional Pilmapres 2021.

Kompetisi keempat, The best presenter pada ajang seminar nasional pengabdian pada masyarakat (PPM) kerjasama UNDIP, UGM, dan UNAIR yaitu 1 (satu) orang mahasiswa bernama Fadila dari Prodi Farmasi, mendapatkan the best sertifikat dan sejumlah uang saku.

Kompetisi kelima, selain prestasi dari Mahasiswa, Dosen ITKA juga berhasil meraih prestasi tingkat nasional yaitu terdapat 8 (delapan) proposal yang lolos pada Program Pendanaan Penelitian Skema Penelitian Dosen Pemula (PDP), dengan dana riset sebesar Rp.160.000.000, dari Prodi Farmasi (Nur Fitriana Muhammad Ali), Keperawatan (Andi Herman), dan Biologi (Ikbal, Dustan, Fachrudin, Ayu Reski Wahyuni, Garuda, Musthamin Balumbi). Urutan ke 4 terbanyak meloloskan Proposal PDP dari 11 PTS se Sulawesi Tenggara.

Rektor ITKA (Alm) dr. H. Marzuki Hanafi Bantayan, MD., M.Si semasa hidupnya selalu memotivasi para Mahasiswa dan Dosen untuk terus berkarya baik melalui kompetisi maupun mandiri, agar Tridharma perguruan tinggi dapat terlaksana dengan baik.

Begitu pula Pjs. Rektor saat ini dr. H. Thamrin Datjing, M.Kes sangat mendukung kegiatan Tridharma perguruan tinggi yang dilakukan oleh para mahasiswa dan dosen, selain sebagai kewajiban Tridharma juga sebagai peningkatan akreditasi baik Institut maupun program studi kedepannya agar bisa bersaing dengan universitas dan Institut lainnya di Indonesia

Harapan Institusi, Mahasiswa dan Dosen ITKA dari semua Program Studi di tahun-tahun berikutnya mampu bersaing lebih banyak lagi dengan institusi dan universitas se-Indonesia pada ajang kompetisi nasional dan juga menjadi motivasi serta pendorong semangat bagi mahasiswa dan Dosen ITKA lainnya untuk terus berkarya dan berinovasi dari berbagai disiplin ilmu yang dimiliki. Semoga tahun depan Mahasiswa dan Dosen ITKA lebih banyak lagi meloloskan berbagai kompetisi lainnya. 

Add new comment

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.